more than just Skripsi



Habis baca tentang cerita-cerita coas dia, jadi ngebayangin kaya apa gitu jadi coas,,,  tapi di sisi lain saya sadar, ternyata orang punya tantangan masing-masing dalam hidupnya haha,,, ngakak abis dengerin cerita-ceritanya haha,,, 
di bandingakn saya yang masih skripsi, kehidupannya beda jauh banget, ibarat kata fahria udah mulai terjun ke dunia nyata nya tapi saya belum, saya masih ngurusin belibetnya nyusn kalimat, format, ngutang-ngitung angka, laba - rugi perusahaan yang bukan milik saya sendiri, huft skripsi skripsi bikin saya merana berlama-lama. 
saya banyak iri sama orang lain yang ngerjain skripsi cepat bahkan sangat cepat, entah itu pake ajian apa, saya juga ngga ngerti,, karena yang saya rasakan sekarang skripsi saya, saya kerjakan berasa lama, lama di dosen dan bla bla bla,, 
proposal skripsi aja 3 bulan baru di acc, plus ketika ngerjainnya saya di marah-marahin, di sms in ga jelas sama dosen pemnimbing, segala macem, apalagi kalau perintah koreksian dia lupa dibenerin mbah saya jadi bahan semprot tulisan dia . .

setelah proposal d acc kemudian saya monitoring data, monitoring data adalah pemeriksaan data hasil penelitian yang dilakukan oleh dospem 1 dan dospem 2 supaya mereka tahu data yang kita ambil cukup representatif atau tidak untuk pembahasannya. biasanya monitoring data di lakukan berbarengan oleh kedua dosen dengan meminjam ruangan kosong, akhirnya saya sudah membuat janji dengan kedua dospem saya, eh tapi ternyata pada hari H gagal saja tiba-tiba gara2 dospem 1 saya mau ngawas yg lagi pada UTS, akhirnya monitorong data saya batal, udah beli konsumsi pula, saya pulang dengan gontai haha
monitoring data diganti hari jadi besoknya, setelah itu saya datang besoknya dan biasa dospem 2 saya dateng telat mulu, 30 menit dia telat, sampai dospem 1 saya agak marah-marah dan saya merasa ga enak, padahal yang salah dospem 2 saya -.-

setelah monitoring barulah saya bahas tuh skripsi, saya bahas sesuai azas kepantasan bahasa dan formatnya juga, haha,,, setlah dibahas saya masukkan lah skripsi ke loker dosen, dospem 1 saya lumayan cepat 2 sampai 4 minggu juga dia sudah koreksi, bahkan 1 kali koreksi langsung draft seminar, tapi dospem 2 saya entah bagaimana kabarnya, saya tunggu tuh skripsi 1 bulan blum keluar keluar, saya tagih dospem 2 saya tentang kelanjutan skripsi saya, dia ngomong ke saya kalo skripsi saya dia koreksi satu-satu formatnya, isinya, itunganya, kalimatnya dan tek tek bengeknya, dia bilang ke saya kalo dia meriksa semuanya,, biasanya dosen lain hanya meriksa pembahasannya tapi dia mau meriksa semuanya, karena sebenernya itu adalah tanggung jawab dia, dan saya harusnnya lebih telaten tentang skripsi saya sendiri karena skripsi  saya adalah hasil karya saya sendiri, dia bilang kebanyakan dosen langsung acc saja skripsi yang ada padahal masih ada saja yang salah, dia tidak mau itu kejadian pada mahsiswa bimbingannya karena menurutnya itu adalah hal salah, jika dia seperti itu maka itu adalah budaya salah yang diteruskan, dia juga bilang sya tidak mempersulit mahasiswa tapi memang itulah prosesnya. Saya dari sana memahami kenapa dia lama sekali ngoreksi skripsi.

2 bulan belum juga akhirnya memasuki bulan ke 3 keluar juga, dalam penantian saya saking lamanya saya sempat ke Jember dulu buat pelatihan pengolahan kopi, skripsi an lama keluarnya sekalinya keluar dari dospem  tiap lembarnya salah semua bahahahaha. . 
sehabis itu saya revisi 3 hari koreksinya lama lagi di dospem 2, 1 minggu saya tunggu belum keluar juga akhirnya saya tinggal ke bandung dulu, pulang dulu seminggu, setelah itu keluarlah skripsi saya setelah saya ke purwokerto 1 minggu kemudian, saat itu saya dipanggil supaya saya menjelaskan apa yang ada di skripsi saya, saya jelaskan ke dospem saya satu persatu isinya, eh ternyata itung2an nya msih ada yang salah, saya perbaiki lagi, terus saya terangin lagi, skripsi sudah di koreksi dan pulang ke tangan saya lagi, dospem 2 sudah minta draft, besoknya sya langsung revisi dan ngerjain draft nya,, saya kasih draftnya, eh dia balikin lagi katanya ngga mau koreksi draft kalo skripsi belum di revisi dan gua ingin mati saat itu juga -.-

3 minggu lagi jadwal pendadaran di tutup, sebenernya saya udah sujud syukur pas dengar dospem 2 minta draft, tapi tau nya dibalikin lagi saya semakin pasrah buat wisuda september,,,

saya rasa sebenernya saya ngerjain skripsi bukan belajar tentang apa yang saya tulis dalam skripsi, tapi dalam skripsi saya belajar kesabaran, saya belajar legowo, saya belajar memahami sisi psikologis orang lain, saya belajar mengerti lebih dekat apa yang biasanya orang sepelekan, skripsi is not only about skripsi, its about attitude, about mentality,,, 

Anis bawedan pernah bilang "skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai"
makanya kriteria skripsi yang baik bukan yang bagus itungannya bukan yang bagus teorinya, karena sebenernya skripsi yang dihadapi mahasiswa sangat komplek yaitu skripsi ilmu kejiwaan manusia, seberapa kuat diri kita bertahan terhadap ujian :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentang dea..

Pada Suatu Hari

tentang nonon . .