Passion

Oke guys..
Mau cerita nih soal passion..
Dalam setahun ini gue habiskan waktu gua untuk bekerja.
Kerjaan gue masih serabutan, masih tahap freelancer, gajinya ga gede-gede amat, tapi kadang terasa gede juga sih cuman sistem penggajiannya borongan, dan kerjaannya musiman. 
Lu tau kalo seorang kontraktor dapet project, nah abis itu tukang kuli nya lah yang kerja geder target. Kontraktornya untungnya gede banget biasanya sampe berkali-kali tipat. Tapi kuli nya mah segitu-gitu aja hahaha. 
Nah itu yang gue alamin di dunia kerjaan gue sekarang, tapi kerjaan gue bedanya outputnya bukan rumah segede gaban, tapi dalam bentuk buku atau jurnal atau pun hasil penelitian lainnya.
Yap gue seorang asisten peneliti.
Ilmu lu tinggi tapi bukan berarti keahlian lu jauh lebih tinggi. Kadang keahlian lahir dari pengalaman. Gue berani kerja macam kaya gitu karena gue merasa keahlian gue masih cetek., dan mencoba mengasah diri gue untuk lebih handal dalam masalah penelitian-penelitian yang kaya begitu.
So far baik-baik aja sih tapi kenapa ya lama-lama gue kaya mempertanyakan diri gue kembali.

Dulu gue itu orangnya suka menulis, menulis puisi dan cerita-cerita yang kadang tidak memperhatikan EYD yang pas karena gue adalah penulis pop culture, walau kadang ada sisi sitematis yang gue selipin dalam setiap tulisan biar agak berbobot. Tapi jujur bakat menulis gue lahir dari menulis puisi. Yang secara tata bahasa ngga peduli dengan aturan tapi syarat dengan makna yang dalam.
Pernah suatu ketia, karena ide gue yang terlewat bego itu kali ya, gue sok sok an ingin mengemas tulisan hasil penelitian biar lebih renyah buat di baca, maka gue berimprovisasi untuk menulis laporan penelitian dengan gaya bahasa yang lebih ringan. Tapi nyatanya gue salah besar, dosen gue marah-marah karena tulisan gue bahasanya macam novel. hahaha
oke ternyata mengawinkan dua hal yang berbeda dari tulisan cukup susah buat di terima. 
Dalam sudut pandang gue, hasil penelitian itu harus disebarluaskan, tidak hanya dalam bentuk tulisan ilmiah tapi juga dalam tulisan yang mudah buat dipahami oleh orang lain, sekalipun orang tersebut tidak berpendidikan. 
Makanya kadang gue suka nulis ringan hasil penelitian lapangan gue di blog, karena ya untuk itu. 

Kerjaan gue setaip hari menulis, penelitian ke lapangan, ngajar di kelas dan mendengarkan beberapa seminar ilmiah hasil penelitian orang-orang. Sejauh ini hal itu sungguh berguna buat gue. Karena gue berada di dalam pengawasan dosen selama ini, jadi setiap moment nya gue selalu dapat ilmu baru walaupun secara tidak langsung, seperti ngobrol ringan, bercanda, dan bergosip dengan dosen-dosen. Padahal hal yang gue terima selama ini itu ilmu yang sangat berharga banget karena omongan dosen itu hampir selalu berbobot tiap kali dia ngobrol bareng sama gue. 

Jujur, mungkin ini juga passion gue, cuman gue selalu ngeluh dalam menjalani kerjaan karena kerjaannnya kadang waktu santai, santai banget. Ketika sibuk, sibuk banget. itu yang membuat gue sedikit stres menghadapi kerjaan gue sekarang. Satu sisi lain gue ketika nerima gaji kadang gue ngerasa gajinya kebanyakan, tapi kadang gue merasa gajinya ke dikitan karena ngga ada standar buat gaji kaya pekerjaan seperti gue. 

Gue sih ingin tetap on the track buat terus melakukan penelitian dan ngajar cuman gue pengen agak santai. Entah kenapa mungkin karena dorongan umur, jadi gue selalu ingin bersembunyi di balik zona aman gue. Terus selain itu gue pengen banget dikasih kesempatan atau di kasih jalan buat jalanin bisnis di bidang yang gue tekuni, supaya ilmu gue bermanfaat buat diaplikasikan. Tapi kenapa gue selalu merasa takut untuk melangkah?. 
Gue pelajari dari beberapa hasil penelitian gue, ternyata bisnis yang berhasil adalah dari hasil fokus seseorang buat menjalankan bisnis tersebut. Kadang suka mikir, atau mending gue terjun bebas aja ke dunia bisnis langsung ?
Tapi gelar ini membuat gue terdorong untuk terus on the track. 

Selalu gue selalu begini, ingin berada di dua sisi. Padahal hal itu jelek untuk gue lakukan. gue ngga pernah totalitas jadinya. Kalo kata orang mungkin tipe orang tersebut maruk. Pengen dua-duanya. dan maruk itu jelek buat dijalanin. 

Jujur gue sampai sekarang masih bingung passion gue yang mana, passion dalam definisi gue adalah lu bekerja tapi dengan kerjaan lu, lu dibuat bahagia untuk melakukannya. Sampai sekarang gue belum mencapai itu. Tapi jujur gue pengen banget mencapai titik itu, dimana gue bahagia mengerjakan apa yang gue kerjakan karena gue sukai, sangat gue sukai. Jadi dorongan suka itu bukan dari yang lain seperti gelar, uang dsb. Tapi dari hati gue. Gue melakukan kerjaan karena gue suka buat ngerjain hal itu. 

Semoga gue bertemu dengan "bekerja karena alasan kepuasan batin". Mostly orang-orang yang gue datengin pas gue penelitian mengenai perusahaan hortikultura tahun lalu, mereke gue tanya, kenapa anda mau melakukan pekerjaan anda sekarang padahal pekerjaan sebagai pengusaha pertanian sangat beresiko besar, dia jawab karena saya suka pekerjaan ini. Apapun yang di alami untung rugi saya hadapi terus karena saya sudah menyukai pekerjaan ini. That the point, dia udah totalitas, untung rugi dia tetep jalanin tuh bisnis dengan perasaan yang terus positif. Jujur gue iri dengan pekerjaan yang seperti itu. Gue pengen banget punya kerjaan seperti itu, yang dalam keadaan apapun gue tetep terima untuk bekerja, yang dalam keadaan apapun gue tetep senang untuk mengerjakannya. Oh God show me the way. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentang dea..

Pada Suatu Hari

tentang nonon . .