very long, long week end in Mt. Gede

-Don't underestimate 2.958 above sea level, that Mt. Gede

Mengutip status FB nya mas Ranggi tempo hari sebelum dia naik Gunung Gede, ternyata benar setelah mendaki gunung Gede saya merasakan don't underestimate that mountain.

Ok guys, jadi begini ceritanya, saya dan fahria berencana untuk mendaki Gn. Gede dan kita sangat ingin ngedaki gunung satu kali aja buat ngerasain sesusah apa sih, terus pengen tau aja gimana the real hike mountain, pasalnya kita masih amatir dengan real hike mountain, kita pernah, pernah banget ngedaki tapi gunung ecek-ecek, kaya bromo dll, yang trackingnya masih bisa di daki meskipun pake sepatu pantofel sekalipun. Akhirnya kita nekat berdua tanpa teman yang kenal lainnya untuk ngedaki Gn. Gede yang masih misterius bagi saya sama fahria, dengan cara ngikutin pendakian masal gitu, fahria daftarian saya ke suatu komunitas pecinta alam jakarta dan kita harus bayar untuk biaya ini itu segala macem, kita oke-oke aja soalnya untuk mendaki gunung Gede cukup sulit juga perijinannya, akhirnya saya dengan mantap berkata MAU. Ada hal-hal yang menjadi persyaratan untuk ngedaki ke Gede, yaitu harus pake sepatu Gunung. Akhirnya dengan sangat mendadak saya beli sepatu gunung sekalian daypacknya (karena gue pasti ngga kuat bawa carrier).

Part I
28 Juni 2013
Akhirnya hari ini datang juga, persiapan untuk naik ke Gn Gede, rencananya saya ke Jakarta dulu  baru sabis itu bareng ke tempat komunitas pecinta alamnya, baru deh berangkat ke Gunung Putri yang menjadi rencana awal jalur pendakian kita. Hari itu hari jumat saya berangkat ke Jakarta jam setengah 2 siang, sialnya bis primajasa yang saya tumpangi penuh banget, akhirnya saya ikhlasin buat duduk di tempat kernet, daripada bediri, diperparah dengan banyaknya penumpang yang masuk lagi pas di Cileunyi, wuihhh udah kaya bis kota, padahal primajasa bis antar kota -,-
saya duduk manis di depan bersumpek-sumpek sama orang-orang, dan anehnya orang di depan saya tidur pulas kaya di hotel padahal posisi dia udah kaya ikan pindang ckckck saya bergidik.
Baru kali ini saya melakukan perjalanan ke Jakarta sendirian, berasa udik banget,,, bis melesat melewati tol cipularang, sore pun tiba, dan saya terjebak macet berkali-kali, karena longsor dan jam keluar kantor, setelah di pasar Rebo orang-orang pada turun, saya langsung panik dalam hati "gue harus turun dimana ?" pasalnya orang-orang banyak banget turunnya, takutnya saya sendirian hahaha,, setalah itu saya dapet telfon dari fahria yang akan ngejemput saya di lebak bulus, dan ternyata dia tidak jadi menjemput saya, dia nyuruh saya make angkot, dan saya bilang iya iya aja, sok sok an be a good girl padahal dalem hati saya takut " gue takut diperkosa " ahaha sugesti akibat berita.
Dengan hati yang khawatir dalam perjalanan ke lebak bulus, saya ngesms rian, curhat kalo saya ngga jadi dijemput trus dia nanya rumah fahria dimana, saya jawab di ciputat dan rian membawa kabar baik kalo lebak bulus ama ciputat itu deket, lega akhirnya (berasa udik banget).
Setelah di lebak bulus ternyata tu angkot ciputat nyosor-nyosor ke bis yang baru aja dateng, saya semakin lega karena ngga usah turun dan nyari-nyari angkot.
Di angkot saya diem aja, dan akhirnya memberanikan diri buat nanya daerah rumah fahria keseorang  ibu-ibu yang ada di pinggir saya, dan lebih leganya lagi dia mau ngantrein turun bareng di depan jalan di polsek yang mau ke rumahnya fahria untuk pake ojek, walaupun ibu-ibu tersebut sebetulnya ngga turun disitu, saya berterimaksih banget, ternyata ada orang yang mau nolongin dan akhirnya "Gue ngga diperkosa" hahaha. abis dari situ saya naek ojek buat ke rumah fahria, 5 menit dari situ, saya sampai di rumahnya fahria di sambut Udin sopirnya.

Part II
Perjalanan menuju Gn.Putri
Setelah makan sama fahria di depan gang setempat, akhirnya kita dianter udin ke markas KEPAL untuk bareng-bareng berangkat ke gn putri, perjalanan ke gunung putri saya habiskan dengan tidur karena sebelumnya saya makan antimo hahaha,, tau-tau udah di gunung putri aja, dengan keadaan lapar saya keluar dan cari gorengan, padahal itu baru jam 3 pagi, dan kita rencana star untuk ngedaki jam 8, akhirnya kita memutuskan untuk nebeng di tempat penduduk yang tak dikenal tapi ramah dan baik hati, kita ikut shalat, ikut ke kamar mandi dan dikasih minuman yang anget-anget seadanya. sebelum mendaki kita cari warteg untuk sarapan,karena saya laper banget waktu itu.

Part III
Tracking
Jam 8 akhirnya kita mulai tracking, lumayan, awal-awal tracking ngos-ngos an ngatur nafas, awal tracking kita disuguhi perkebunan masyarakat yang cukup lumayan jauh, kita dari awal udah banyak istirahat banget, dan dari situ kita ngerasa bahwa kita pasti terakhir. setelah 1 jam perjalanan kita berhenti karena ada acara bagi-bagi hadiah dan banyak juga orang yang berhenti dan duduk-duduk buat ngikutin acara itu, kita berhenti 10 menit, karena takut ketinggalan kalo jalan bareng-bareng nanti mengingat kita lelet akhirnya kita jalan duluan meninggalkan acara itu, untungnya banyak juga pendaki yang jalan duluan jadi kira ngga cuman berdua,,, perjalanan belum setanghnya kita masih bisa ketaw-ketiwi foto-foto dan banyak minta fotoin ke orang-orang yang lewat, untungnya pada baik :)
setelah jalan beberapa jam, akhirnya ketemu sama bang yale & bang dodo, trus beli gorengan bala-bala yang harganya 2000 1 biji, sempet kaget juga tapi ketika nginget gimana perjuangan abangnya buat jualan berani juga sih bayar segitu.
kita dari awal ketemu dan papasan bahkan jalan bareng ama bang yale & bang dodo tapi mirisnya mereka selalu aja ninggalin kita karena mereka malu barengan anak cewe sedangkan mereka sudah berumur, katanya malu kalo ke salip hahaha,,

perjalanan  tracking berasa ga ada ujungnya banget, kita (saya sih lebih tepatnya) selalu aja nanya sama orang-orang masih jauh apa ngga, berapa jam lagi, dan sumpah ngerasa lama dan cape banget, ternyata tracknya separah ini, track nya terus manjat terus naik, medannya susah banyak batu dan akar-akar pohon yang gede di sana sini, pantesan nyuruh pake sepatu gunung, ternyata begini banget track nya,,
di sela-sela pendakian yang bikin galau adalah saya pengen pipis,entah kenapa bisa sebeser itu, galau pengen pipis lebih galau dari pada dapet nilai C pas di kuliahan, masalahnya pipis nyaa harus disemak-semak makin parah lagi kalo udah ngumpet-ngumpet di semak-semak masih ada aja orang-orang yang lewat dan pengen liat serta penasaran gue lagi ngapain di semak-semak -,-
tapi mau gimana lagi daripada saya pipis dicelana berabe, akhirnya saya sebodo amat dengan yang lewat, udah gue ikhlasin harga diri gue hilang di Gn. Gede gara-gara pipis di semak-semak :"(
Sepanjang jalan mendaki kita sangat kecapean, akhirnya kita sering istirahat, 5 menit tracking 10 menit istirahat hahaha,,, kita juga banyak yang ngemotivasiin sepanjang jalan, "ayo dikit lagi" "ayo di depan udah agak landai" "ayo bentar lagi track bonus" ato "ayo jalan lagi ke buru ujan" meskipun kita tahu itu hanya gombalan untuk kita supaya jalan lagi tapi tetep aja kita ngerasa termotivasi seengganya kita jadi jalan lagi meskipun sedikit-sedikit, tapi yang paling memotivasi di tengah jalan kita papasan sama pak Sabar yang hanya punya 1 kaki pake 2 tongkat buat bantu daki, dia lewat, kita yang lagi istirahat langsung berdiri dan jalan lagi, merasa gimana gitu, walaupun akhirnya pak Sabar nyalip kita dan kita tertinggal jauh dari dia karena banyak istirahat dan kecapean.
Menjelang pukul 3 kita istirahat tidur ngga tau berapa menit,di temani pendaki lain yang istirahat juga, tapi tiba-tiba dia ngajak kita jalan lagi gara-gara udah agak gerimis, dan alangkah baiknya dia karena mau bawain tas saya, selama 30 menit mungkin tas saya di bawa dia, terus dia balikin lagi ke saya karena kata dia Surya Kencana hanya beberapa meter lagi.
ternyata iya, setengah jam dari sana saya melihat surya kencana,,,, akhirnya sampai juga :)
Setelah di Surya Kencana saya sama fahria makan pop mie dan istirahat sebentar, saya minum energen yang harganya 5000 satu gelas, tumpah pula akhirnya sama fahria gara-gara ke senggol -.-
Sekitar 30 menit di kita ngaso akhirnya kita melanutkan lagi jalan membelah padang edelwies buat nemuin anak-anak Kepal yang bareng sama kita dari Jakarta.
ngga lupa kita foto-foto :)

Part IV
membelah padang edelwies ternyata butuh tenaga yg ga sedikit juga, lumayan jauh gitu, tapi pemadangannya indah banget,,, kaya dimana gitu,, you must to try it :)
dalam perjalanan membelah padang edelwise ini rintik-rintik hujan mulai terasa, akhirnya kita sedikt teruburu-buru karena takut keujanan, saya pun mulai bergegas memakai jas hujan, fahria pun sama, setelah dekat dengan kawasan perkemahan, kita teriak-teriak cari anak-anak Kepal, tapi ngga ada satupun yang nyaut, berbagai keluhan dan bersungut-sungut kita sedikt-sedikit mulai bermunculan dari mulut saya dan fahria, hujan semakin deras, dan payahnya saya pengen pipis lagi, semakin menambah rasa kesal aja hahaha,,,, sayapun mencari semak-semak dengan rasa yang paling ragu buat pipis, tapi akhirnya saya pipis juga dengan setengah sadar saya baru sadar tempat pipis gue bersebelahan dengan bekas boker orang, dan saya semakin kesal, bau ngga karuan.
Kita mencari lagi dengan berteriak-teriak, semakin berteriak, hujan semakin deras, di tengah padang-padang rumput kita kaya nyasar berdua, orang-orang udah pada savety di tenda masing-masing, ada yang nawarin buat masuk ke tenda-tenda tapi fahria entah kenapa karena galau, kesal, dan capek tanpa lihat orang yang mengajak dia langsung berkata ngga mau, padahal saya lihat orang yang nawarin berteduh di tenda itu orang yang bawain tas saya pas naik tadi siang, akhirnya kita terus nyari-nyari,, dan hasilnya nihil, karena hujan yang terlalu deras, saya agak sedikit memaksa fahria buat nebenga aja di tenda orang, dam ternyata itu pendaki-pendaki yang kita sapa dan mintain tisu basah pas siang tadi ketika naik, dengan pertimbangan karena takut baju basah kita akhirnya nebeng tenda orang selama hujan.
Nebeng di tenda orang yang isinya cewe semua untungnya, di dalemnya kita duduk ngeringkuk karena kedinginan, tenda nya bocor kita kebasahan, diem aja, fahria pengen pipis, dia pun memilih pipis sendiri dengan keadaan hujan dibantu payung orang hasil pinjeman, tak banyak kata-kata yang keluar dari mulut kita berdua, karena kesal, capek, dan bingung semua ngga sesuai ekspektasi, seharusnya kita berada pada tenda fahria dan tidur hangat. kita ditawarin makan seadanya, meskipun kita males, tapi kita makan juga karena ngga enak sama anak-anak yang ditebengin, baju kita semakin basah, fahria lebih parah karena dia tadi sempat keluar buat pipis dengan agak hujan-hujanan, kita berdua duduk melipat kaki di sudut tenda orang dengan orang yang ngga kita kenal, kita berdua seperti kucing kebasahan yang ngga bisa ngeringin diri dan nyasar, seketika sebenernya pada saat-saat inilah saya pengen nangis dan merasa tiba-tiba menyesal naik gunung, tapi rasa itu saya tutup-tutupi karena malu dan takut sama fahria, karena saya ngeluh-ngeluh mulu. Tak banyak kata-kata yang keluar dari mulut kita berdua, mungkin kita sama-sama merasakan hal yang sama. Tapi setalah saya tahu Fahria juga sama saat-saat ini lah dia juga merasa pengen nangis sama seperti saya.

alam membawa berita baik jam 7 malem hujan mulai mereda, dan kitapun memtuskan untuk mencari anak-anak Kepal karena cariier Fahria yang berisi tenda, sleeping bag, semuanya di mereka, kita teriak-teriak terus, dan untungnya sekarang ada yang nyaut, dengan senter yang kecil kita cari-cari wajah mereka yang sulit kita kenali dan kita pun mulai mendekati mereka dengan terseok-seok karena gelap.
Ternyata kebanyakan dari mereka nyampe di Surya kencana lebih telat dari kita, mereka sudah kita temukan tapi mereka belum ngediriin tenda, sama aja -,-
hal yang paling ngeselin lagi, gue pengen pipis lagi, ya Allah kenapa di saat kaya gini beser begini :(
dengan dianter saya pun pipis di balik pohon edelwise yang sama kejadiannya pasti aja ada orang yang setengah penasaran gue lagi ngapain di balik pohon edelwise, untungnya ada yang jagain.
ada tenda yang setengah jadi, kita di suruh masuk, fahria masuk dan langsung duduk diam sama seperti kucing basah kedinginan, saya nyuruh dia buat ganti baju cepat-cepat karena takut hipotermia, dia pun nurut, saya pun sama berganti baju setelahnya.
kita bersiap untuk tidur menghangatkan diri ditenda setengah jadi itu, kita berbenah memakai sleeping bag, sleeping bag saya di masuki saya dan fahria, kita ribut berdua tarik karena sleeping bag  nya dipakai berdua.
setelah enak posisi kita berdua mau tidur, eh kita di suruh keluar lagi buat berbenah, karena mereka mau ganti posisi tenda. oke kita terkatung-katung lagi. akhirnya kita diam, duduk di batu di Tengah surya kencana, dan ditengah tenda-tenda pendaki lain yang saling bercengkrama tapi kita masih disini, ga jelas.

ada satu tenda kecil, di huni 2 pria haha,, dan akhirnya kita di titipin di tenda itu oleh KEPAL, kita mau mau aja sih, udh kedinginan dan ingin tidur, kita masuk dan langsung tidur, mereka berdua minjemin jaket dan sleeping bag, karena sleeping bag fahria masih di orang lain. akhirnya kita tidur. Jam 2 pagi fahria bangunin saya buat pipis, akhirnya kita keluar dan melihat pemandangan surya kencana yang ditaburi bintang.

Subuh pagi-pagi jam 3, saya bangunin fahria, karena kebiasaan treking muncak malem, tapi ketika saya bangunin fahria, eh malah diketawain cowo-cowo itu, katanya "mau ngapain ke puncak jam 3 pagi, udh nanti aja jam 8 pagi haha " akhirnya sayapun tidur lagi, ada sih yang muncak tapi satu dua orang. Kita bangun jam 5 pagi dan kita keluar tenda, abis shalat subuh kita berdua menyusuri Surya Kencana untuk kedua kalinya.

Setelah cape foto-foto kita akhirnya lapar hahaha,, kita mencari makanan ke tenda-tenda KEPAL, mereka ternyata belum masak, untungnya kita ketemu bang dodo dan bang yale yang mau pada masak mie, dan kita di tawarin makan. mereka nanya kita pada tidur dimana, kita cerita bahwa kita semalam tidur di tenda orang, dan tenyata tenda bang dodo dan bang yale sebelahan sama tenda yang kita inepin.
dari pagi sampe jam 9 kita makan, jemur baju dan foto-foto sama pria yang menyelamatkan kita dari hiptermia berkat tendanya.

kita pun ketemu pak sabar, ngga lupa foto-foto juga, hahaha... pak sabar mengingatkan beberapa kali kalau " Puncakmu ada di bawah kakimu" dia pun menerangkan kalau kau hanya mampu sampai setengah berarti puncakmu disana, kalau kau mampu untuk sampai atas berarti puncakmu di atas. Setiap orang mempunyai puncak yang berbeda-beda dalam pendakian, sesuai kemampuan mereka. Dari sana saya sadar, saya tak perlu memaksakan diri untuk mencapai apa yang orang lain capai. karena puncak ku adalah di bawah kakiku. Dia bilang saya saja yang punya satu kaki bisa di beberapa puncak masa kalian tidak. dia tertawa dan kita ikut tertawa.

Setelah ngobrol-ngobrol ringan dengan Pak Sabar kita muncak duluan, dengan bang Yale dan bang Dodo dan ngga nungguin rombongan KEPAL, habisan mereka lelet hahaha
di perjalanan kitapun akhirnya di tinggal juga ama bang Yale ama bang dodo dengan alasan sama mereka malu sebagai cowo kalau tersalip cewek kaya kita yang kecil-kecil begini hahaha
dari puncak kita turun lewat jalur Cibodas, naik dan turun tak ada bedanya sama capeknya dan sama berat medannya. capek banget. tapi katanya kata orang kalau udah mendaki gunung Gede bakalan survive buat daki gunung lainnya juga khususnya daerah jawa. kita berdua belum percaya hahaha.
Jalan turun melalui Cibodas lebih berkesan karena kita melewati treking harus turun pake tali gitu saking ngga ada jalan lain lagi, terus kita melewati sumber air panas yang mengalir ke jalur pendakian, dan itu mengesankan buat kita hahaha, banyak yang mandi, tapi kita memutuskan buat jalan lagi aja, takut hujan.

dari atas puncak gunung gede
Perjalaanan pulang kita habiskan dari jam 9 sampe jam 5 sore yang membuat kita gemetaran karena kecapean dan habs makanan di perjalanan, di jalan pulang kita minta makanan ke orang yang lewat, dan untungnya kita banyak yang ngasih hahaha. beruntung ya jadi cewe kali mendaki hahaha, banyak yang kasian hahaha. jadi banyak yang ngasih juga hahaha.

yee akhirnya gunung gede bisa kita daki dengan hanya berdua hahahahaha...