Ngebet Wisuda Ha Ha Ha


23 Juli 2012 
Hari senin saya dapet 3 kata sakti ACC untuk seminar hasil penelitian dari dospem 2 sekitar jam 11 siang, setelah dapet kata ACC ada dua hal yang saya fikirkan antara senang dan gelisah apakah saya bisa melangsungkan seminar dengan lancar atau tidak, dengan motivasi dari kiki dan nini akhirnya saya maju ke dosen komisi untuk minta dosen penelaah saya di seminar hasil saya. Akhirnya dia memtuskan salah satu dosen untuk menjadi penelaah saya, saya memintaa kesediaan dosen penelaah saya dan dia bersedia., alhamdulillah :) 

24 Juli 2012 
jeng jeng. . hari itu hari selasa jam 1 siang dengan membawa draft seminar yang sudah di fotocopy saya langsung lobi dospem 1 dan 2 memastikan mereka kapan bisa mengikuti seminar saya, akhirnya secara sepihak saya memaksa mereka jam 9 hari rabu saya seminar, setelah itu saya masuk ruangan dosen komisi studi akhir dan saya bilang saya akan daftar seminar, . terjadi percakapan di dalam nya 
dosen komisi : seminar nya mau kapan?
saya              : rabu bu tanggal 25 
dosen komisi : ngedadak sekali, jam berapa?
saya              : saya sih pengennya jam 9 bu (karena blum dapat persetujuan penelaah)
dosen komisi : jangan pengennya yang pastinya kpn? kan ini ada pembagian waktu ruangan seminarnya,
saya              : iya bu jadi jam 9 pagi 
dosen komisi : ruangannya dimana?
saya            : koq belum tau kan kamu yg mau seminar, mana dua hari lagi,, yaudah saya kosongkan dulu dilembar kertas keterangan ruangannya ya
saya              : iya bu,,,

setelah dapat ijin dari dosen komisi saya langsung ngurus-ngurus syarat seminar ke bapendik, dengan berbekal surat dari dosen komisi dan draft yg difotocopi akhirnya saya daftar seminar. Setelah daftar ternyata dunia belum tenang, karena draft nya masih dibapendik tapi itu draft harus cepet2 ada di tangan para dospem dan penelaah hari itu juga sedangkan bapendik bikin arsip untuk seminar dll nya ngga cukup se jam aja, butuh 3 jam, dalam penantian saya hanya bisa pasrah, pas ngadep dospem dan penelaah udah ditagih aja itu darft nya kalo ngga saya harus nganterin itu draft ke rumahnya, 1 draft keluar dengan rayuan temen saya nini, akhirnya sya kasih ke dospem 2, 2 lagi mash tertahan dan saya gelisah, haha
penelaah sudah mau pulang, dan sebelum pulang di minta draft nya diantarkan saja kerumahanya, saya bilang iya, dia pulang, draft saya dari bapendik keluar, saya kejar dia berlalu huft -.-
alhasil saya harus nganterin draft nya ke rumahnya, akhirnya jam 4 sore saya ke rumahnya ditemenin rian, syifa dan bayu, dan sialnya hari itu saya panas dingin jadilah saya pake jaket, kaos kaki, baju 3 lapis, ke rumah penelaah kaya mau ke berobat ke dokter -.-
entah kenapa entah gara-gara apa hari selasa ini saya tiba-tiba sakit panas dingin, hati gelisah ngga terarah, sepanjang jalan ke rumah dosen penalaah saya kedinginan, dan di suruh batal puasa ama rian, karena dia khawatir saya ngedrop, haha.. 
ada mitos juga katanya emang kalo mau seminar itu ada semacam sindrome, ya kaya panas dingin saya ini, ada lagi yang parah temen saya sampe muntah-muntah ckckckc,, katany ga bisa tidur lah inilah itulah -.-
setelah dari dosen penelaah saya pulang dan beli dulu makan untuk buka puasa sama rian, sehabis itu saya tidur dengan berselimut berjaket dan berkaos kaki, terus buka puasa kaya biasa, dia bilang jangan puasa besoknya kalo masih sakit, dan saya juga niatnya begitu karena takutan ngedrop juga,, hahaha
malamnya  tadinya mau teraweh di kosn aja, tapi syaa fikir besok seminar harus banyak ibadah jadilah saya teraweh di mesjid, pulang dari mesjid udah ada Nini yang nungguin saya dan mau nginep di tempat saya buat ngegembleng saya yang mau seminar besok nya, dia bilang saya tuh seharian sakit gara-gara kelaperan  dan sindrome mau seminar hahahahaha. . 
malemnya saya digembleng abis2an sampe-sampe mulut kering gara2 belajar presentasi ama ngejawab soal2.

25 Juli 2012
Sampe juga hari rabu dan saya seminar, tadinya mau ngga puasa hari ini tapi ternyata entah karena apa dan gara-gara apa hari rabu ini saya sehat lagi, semaki yakin tuh penyakit sindrome seminar -.-
saya seminar pake seragam DA lagi item putih, berasa SMA gua, hahaha
gelisah banget pengen nangis, saya telfon mamah saya sambil nangis, karena takut ngga bisa, gugup, nerves, gelisah, takut semuanya jadi satu. . 
udah gitu yang bikin gelisah lagi dospem 1 saya telat, dan kita ngga tau harus memulai seminar ini apa ngga sedangkan saya ngga di kasih mandat buat menyerahkan pembukaan seminar ke dospem 2, saya kalut, nelponin dospem 1 mulu tapi kaga diangkat2, semakin kalut, saya disuruh keluar ruangan sama dospem 2 dan penelaah saya dan masuk lagi dan akhirnya dospem 1 datang.
jam 9 lebih seminar saya dimulai, presentasi di dominasi rasa gugup haha,, trus akhirnya diskusi, peserta seminar nanya-nanya gitu, sebenrnya pertanyaan nya udah saya siapin sendiri jadi udah tau jawabannya gitu tapi dari pertanyaan yang saya siapain ternyata mengundang berbagai pertanyaan lain yang lebih sulit dan ngga saya bayangkan sebelumnya, mampus lah gua! haha
pertanyaan akhirnya bertubi-tubi gua ngeles kanan ngeles kiri, jawab kanan, jawab kiri, dospem yang harusnya membantu malah ikut nanya, penelaah mencecar gua, gua tangkis kanan tangkis kiri, kewalahan, ngomong belepotan *ngacungin bendera putih (menyerah) hahaha, ngga deng akhirnya saya jawab seadanya sesuai pengetahuan saya.
dan seminar pun berakhir, dan saya dapet nilai A, 81 koma sekian. . 
Lega :)
*hal yang paling unik dari seminar adalah ngerasa melankolis banget semuanya, saya ngesms anak2 sekelas buat dateng seminar, dan dapet balesan sms yang so sweet semuanya, memotivasi, ngasih semangat, dan ada yang minta maap karena ngga bisa dateng, sumpah terharu banget, rasa pede juga dateng dari anak2, terimaksih keluarga sosek 08 :)

26 Juli 2012
Perjuangan belum akhir saya ngampus lagi buat ngurusi ujian skripsi bersama para dospem, untungnya dospem 2 pengen sendiri2, akhirnya terjadi kesepakatan bahwa, dospem 2 ujian tgl 27 Juli 2012 jam 9 pagi diruangan nya, dan dospem 1 ujian tgl 27 Juli 2012 jam 1 siang.
saya kasih suratnya hari itu pula, dan fix saya besok ujian skripsi. malemnya kiki nginep di kosn supaya bisa menggemleng saya dulu buat persiapan ujian besok.

27 Juli 2012
jam 9 saya sudah siap dan dospem 2 saya telat, biasa.. . 
dimulailah ujian, ujian skripsi kalo sendiri-sendiri kaya ngobrol nyantei dan bernuansa tenang. akhirnya saya ujian hanya 1 jam lebih dan sangat lancar karena semua yang ditanyakan dospem 2 saya ada di skripsian saya, hahaha. . 
nilainya sudah dia tulis tapi belum dirundingkan dengan dospem 1 karena dia belum ujian juga, setelah itu saya ke kosn dan nunggu jam 1,
jam 1 tiba saya masuk ke ruangan dospem 1, trrus dia nanyain "mau di ruang mana mba?" saya celingukan "owh, saya belum pinjam ruangan bu, saya ngga tahu kirain di ruangan ibu" trus akhirnya dia shalat dulu dan saya panik dulu, dalem hati kenapa dia ngga bilang mau pake ruangan dan nyuruh presentasi pake infokus, tau gitu dari kenaren saya pinjem ruangan bu, tapi yaudah lah biasa . . 
akhirnya dengan ngga enak hati jadinya ujian di ruangannya, dengan pertanyaan yang menurt gua susah hahaha.. mungkin pengaruh panik, selalu begini, selalu dospem 1 beigini -.-
akhirnya menjawab seadanya, tapi dospem nya baik sebenernya dia mengarahkan jawaban saya yang salah jadi bener dan menjelaskan yang saya kurang mengerti jadi ngerti, buat bahan sidang nanti.
ujian selesei jam 3 tapi nilai belum dirundingkan, karena dospem 2 lagi nguji juga ampe jam 4, akhirnya di masukkan ke bapendiknya senin, saya semakin ketar ketir, bisa ngga ya o.O

28-29 Juli 2012
Berleha-leha sambil kepikiran bisa ngejar sidang apa ngga, saya pasrah :"(

30 Juli 2012
Hari ini hari mobilitas tertinggi karena hari ini lah terakhir daftar sidang (pendadaran). hari ini langsung minta tarnskrip dan mengurs hal-hal yang perlu di urus untuk syarat sidang.
Setelah selesei syarat2 lalu saya ke ruang dosen komisi dan menyerahkan syarat pendadaran, sebelumnya dianya sibuk bgt, dan tau lah saya gelisah lagi kalau harus menunggu tssaaaaah... haha
sambil menunggu saya mundar mandir mundar mandir ga jelas dengan hati yang gelisah antara terkejar dan tak terkejar karena hari ini terakhir pendaftaran, jam 1 saya masuk ruangannya dan minta penguji, dengan sedikit tawar menawar tentang dosen penguji akhirnya saya dapet dosen killer tapi baik soal nilai dan dosen dari luar nya saya dapet dosen agroteknologi. Sebelumnya dia bilang "emang bisa kamu ngejar dosenya? kalo ngga bisa ya kamu ngga jadi sidang, yaudah syarat-syaratnya ini buat desember saja nanti kalo ngga bisa ya " hati saya pasrah dan menjawab "ya diusahain dulu lah bu hehe".
dari sini lah sibuk menghubungi dosen kejar sana kejar sini sampe jam 4 sore, capeknya huh, tapi untungnya bisa, bapendik nyaris tutup jam 3 dan jam 3 kurang dikit itu saya selesei dapet kesediaan semua pengujinya . . 
31 Juli 2012
memfix kan semua penguji dan dospem hari jam ruangannya, serta masukkin draft skripsi saya ke semua dosen,, 
malemnya saya ngga ditemenin nini sama kiki, cukuplah gua ditemani Tuhan hehe,, karena besok pendadaran      di ruangan itu hanya ada saya 5 dosen dan Tuhan yang menyertai saya, pas mau sidang pikiran tuh hanya tentang hidup kita yang selama ini telah menggantungkan hidup ke yang lain kecuali Tuhan, saya sadar pas mau sidang ternyata tiada tempat bergantung kecuali Tuhan, ternyata Tiada tempat memohon pertolongan kecuali kepadaNya, dan ketika sidang hanya saya sendiri yang hadapi semuanya. Saya berdoa semoga dapat kekuatan, kemudahan, kelancaran, keberuntungan dan hal-hal yang baik lainnya. 
Sidang kaya titik balik hidup selama 4 tahun di kuliahan, dan titik balik kepasrahan sesungguhnya yang saya rasakan, karena kita bukan apa-apa tanpaNya, mental kita bukan apa-apa tanpaNya. mlm nya saya minta doa ke semua keluarga bahwa saya mau sidang besok.

1 Agustus 2012
akhirnya hari itu datang, saya nelpon mamah saya pagi-pagi sekarang ngga dengan nangis-nangis tapi dengan amin saja semuanya, karena mamah saya berdoa doank pas saya telepon.
biasa dospem saya telat dua-duanya, pengujinya on time semuanya, gua yang malu padahal bukan gua yang ngaret -.- hahaha
akhirnya datang lah dospem 2 kemudian dospem 1 dan mulailah sidangnya, semuanya ngga seperti yang saya bayangkan, dari semua yang saya hapalin hanya 30 % yang ditanyakan selebihnya hanya hal-hal sepele yang menjebak, logika yang harus jalan dan bullyan yang mencengkram mental hahahahaha. . 
saya hanya bisa senyum dan tertawa, dalam pikiran saya berapapun nilainya saya terima, yang penting ni sidang selesai haha,, bagi saya ngga sepadan antara apa yang saya hapalkan dan pelajari dengan pertanyaan2 yang ada yang malah ke sana sini, yang malah mentingin format dan ini itu (padahal ada tahap formating setelahnya). tapi yasudah lah saya hanya bisa pasrah dan senyum hambar dan tertawa paksa karena bullyan yang katanya men tes mental. 
2 jam berkahir akhirnya saya selesei pendadaran dengan A sebesar 80,1, bagi gua 0,1 itu adalah nilai Do'a, nilai kasih sayang, nilai menghargai dan nilai kepasrahan diri, yang bisa mengangkat nilai B menjadi A :)

Allah selalu punya cara, Allah selalu punya kehendak dan Allah lebih tahu apa yang dibuthkan hambanya. Alhamdulillahirabbil' alamin, segala puji bagi Allah yang Maha Mengetahui Segala Ilmu Pengetahuan, apa-apa yang benar yang keluar dari diri saya sesungguhnya datangnya dari Allah dan apa-apa yang salah yang keluar dari saya sesungguhnya datang dari saya sendiri.


akhirnya insyaallah wisuda :)

Komentar

Unknown mengatakan…
karena skripsi bukan hanya masalah teori dan penelitian..
tapi senasinya lebih dari itu..
kayak plan backpack yang udah kita jalanin..bukan hanya masalah tempat yang kita tuju...tapi sensasi prosesnya itu yang lebih mengena :)
tentangvici.blogspot.com mengatakan…
setuju fahriiiiiiiiiiii :D

Postingan populer dari blog ini

tentang dea..

Pada Suatu Hari

tentang nonon . .