Backpacking : Jawa Timur


Prolog
1 tahun yang lalu saya pernah punya rencana buat backpacking menuju Jawa Timur, objek yang akan kita kunjungi untuk pertama kalinya adalah Bromo. Tapi kurun waktu 1 tahun itu tidak terealisasi sedikitpun, rencana tinggalah rencana. Tapi untuk kesekian kalinya karena saya pengen banget ke Bromo, tadinya rencana semester ini saya sama Fahria (temen travel saya) mau ke Pulau Seribu karena katanya Pulau Seribu objek yang lumayan bagus untuk dijadikan tempat liburan sebagai pengganti Bomo, tapi saya tetep pengen ke Bromo, jadi aja dengan tidak sengaja rencana menuju Jawa Timur terulang
Pertama kita rencana menuju Jawa Timur adalah tanggal 15 Juli 2010, deal. Saya sama Fahria kebingungan waktu itu karena ngga punya temen buat travel bareng. Akhirnya ide gila Fahria keluar yaitu dengan mengajak semua temen SMA saya dulu  lewat facebook, pertamanya banyak banget yang mau ikut tapi dalam waktu seminggu semua orang tiba-tiba berguguran dengan seribu alasan, dan akhirnya yang fix setelah seleksi demi sleleksi cuman 6 orang yaitu ega, fahria, saya, rie, nonon, dan hani. 3 hari sebelumnya saya sama fahria nanya lagi siapa yang bener-bener mau ikut dan hanya mereka yang menyatakan fix. Tapi pas tanggal 15 semuanya diundur jadi tgl 19 soalnya fahria nunggu nilainya dulu keluar, dari sini semua orang udah pada pasrah alamat ngga jadi lagi nih!!! Tapi ternyata setelah sehari menuju hari H rencana itu udah di depan mata. Yang beda dari rencana ngga hanya itu pula Fahria menambah objek yang akan di kunjungi, jadi objek yang akan kita jelajahi ada 3 yaitu : pertama adalah Bromo, kedua adalah air terjun madakaripura, dan ketiga adalah pulau sempu.
Menuju Surabaya
Rencana kita untuk menuju Jawa Timur adalah tanggal 19 Juli 2010 dengan  berangkat dari Stasiun Cibatu Garut dan kumpul di rumah saya karena kan saya orang Garut . Hari itu hari Senin Fah sama Rie berangkat dari Jakarta menuju Garut, sampai di rumah saya sekitar jam 2an, setelah itu Nonon berangkat dari bandung menuju Garut, hani berangkat dari Jogja karena kebetulan kereta akan melewati  Stasiun Lempuyangan Jogja dan Ega sendiri menuju Stasiun Cibatu karena dia sama orang Garut. Malamnya sebelum tanggal 19 kita mempersiapkan semuanya, packing, rute, dan browsing  informasi tentunya. Paling ribet adalah mencari informasi, kita hanya mengandalkan Google sebagai sumber dari smua hal yang akan kita tuju, selain itu ngga ada lagi, informasi itu kita tulis lengakp di notes kita karena siapa yang tahu nasib kita nanti. Informasi tersebut melingkupi jadwal kereta, jarak antar kota ditempu dengan waktu berapa jam, transportasi lain, ongkos, informasi lainnya yang memberikan petunjuk jalan mana seharusnya kita lewati dan rutenya kemana saja. Akhirnya setelah semuanya terasa lengkap kita mulai tidur satu persatu dan tidak lupa besok bangun pagi karena kereta berangkat dari Stasiun Cibatu jam 08.00 pagi. Saya rencanakan kita berangkat dari rumah jam 7 pagi, tapi Rie ngomong “ Vic kalo jadwalnya jam 8 mah berarti kita harusnya berangkat jam 6??” dan saya ketika itu nyeletuk secara tiba-tiba “ hah jam 6, Rie weh olangan (sendiri), hahaha” Rie langsung cemberut dan tidur. 
Jam 05.00 kita semua bangun dan mempersiapkan semuanya lagi, setelah itu shalat, mandi, sarapan, dan tiba-tiba udah jam 7. Berangkat!!! Kita hanya punya waktu 1 jam menuju Stasiun Cibatu, ¼ jam jalan kaki, ¼  jam naik anakot dari rumah saya ke bunderan tempat angok menuju Cibatu ngetem, dan 30 menit menuju Cibatu. Tapi realisasinya beda sama perkiraan saya, yaitu bunderan tempat ngetem angkot itu sekarang jam setengah 8 ngga ada angkot menuju Cibatu satupun, saya berfikir lama akhirnya saya putuskan untuk naik angkot Wanaraja dan turun di Wanaraja dan melanjutkan perjalanan naik angkot Cibatu karena di wanaraja lebih banyak angkot Cibatu, setelah perjalanan menuju Wanataja ternyata tersendat pula dengan adanya macet sana-sini semua orang dalem angkot gelisah, termasuk saya, akhirnya kita nego sama tukang angkot supaya dianterin menuju Stasiun Cibatu, dan harganya ternyata mahal sekali yaitu 60ribu. Yang harusnya 20ribu berempat. Ega yang sudah nunggu di Stasiun udah mulai nelpon-nelpon pesen tiket apa jangan karena kita ragu buat nyampe Stasiun Cibatu tepat sebelum kereta berangkat, tapi takdir berkata lain kita dating sebelum loket di tutp dan 2 menit sebelum kereta dating ke Stasiun akhirnya kita beli tiket kereta pasundan jurusan Surabaya-Bandung dengan Rp 35.000,00. dan kita bisa naik kereta dengan ngos-ngosan. Rie nyeletuk lagi pas kita udah dalem kereta “ hah jam 6? Rie weh olangan?” saya cuman bisa tertawa, dan ngakuin kalo perkataan Rie yang kemaren itu bener.hahahaha…gondok!!. nyaris kita tertinggal.
Di kereta Ega mundar-mandir ternyata cari gerbong restorasi, kita semua pada gelagapan waktu di ajakin duduk di restorasi karena kalau kita duduk di restorasi artinya kita nombok lagi bayar 20ribu buat makan, tapi Ega dengan nada tenang “ Udah Ega yang bayarrin” kita semua cengar cengir “ ih Ega jangan ih” tapi sambil ambil kantong dan berdiri menuju restorasi.hehe…munafik luh!! Hahaha. ..
Perjalanan kita jauh banget ternyata dari jam 08.00 pagi nyampe di Stasiun Wonokromo Surabaya jam 12.00 malem. Di kereta kita ngobrol sama banyak orang, minta jalur harus kemana kalau menuju bromo, madakaripura, dan sempu. Di kereta kita sepakat untuk menuju bromo harus ke Pasuruan. Kita setelah nyampe di sini di jemput sama a Angga (kakaknya Ega) dengan taksi dan di bayarin pula, taksi melaju menuju sebuah hotel di daerah Rungkut  kita disana menginap satu hari dan Ega nginap di rumah kakaknya, dan parahnya ternyata kita nginep dibayarin,pagi-pagi setelah kita siap-siap kta sarapan di McD dan dibayarin juga (begiitu merepotkannya kita) tapi kata Ega “ udah ih kalian teh kalau ada rezeqi jangan di tolak dan itu mah dari bukan Ega tapi dari My Brathah”. Surabaya waktu itu terkesan mewah karena semuanya gratis dan berkelas, haha. . kota Surabaya bersih, indah, dan metropolis. Di Sana kita menuju monument Buaya dan Hiu hanya untuk sekedar foto-foto dan kebetulan di dekat monument ada Kebun Binatang Surabaya jadi kita masuk dulu dengan harga tiket Rp 15.000 perorang dan didalamnya juga foto-foto sambil liat-liat aja. 
Menuju Probolinggo
Setelah itu kita sekitar jam 2 kita menuju terminal Surabaya buat naik bis menuju Pasuruan, tapi setelah kita ada di depan gerbang terminal dan di tanya-tanya oleh orang mau kemana dan kita jawab mau ke Bromo ternyata kita di suruh naik bis jurusan Probolinggo dengan ongkos Rp. 12.000 perorang. Sebenernya bis itu juga melewati Pasuruan tapi tetep aja ketika kita mau turun di Pasuruan di paksa turun di Probolinggo kata keneknya ”saya juga orang Bromo saya tahu, kalian turun di probolinggo saja” akhirnya kita nurut, dan saya menyodorkan Hp sama Fahria buat browsing takut-takut kita salah jalan, tapi kita tanya-tanya juga sama penumpang lain ternyata lewat Probolinggo juga katanya bisa. Huh dari sana kerasa banget bahwa apa yang ada di dalem bacaan ngga selamanya sama seperti kenyataan. Mungkin Google boleh saja memberikan informasi bahwa menuju Bromo adalah lewat Pasuruan tapi kenyataan berkata bahwa menuju Bromo adalah lewat Probolonggo pada saat itu. Ternyata Bromo bisa di capai dengan 3 jalur, yaitu jalur Malang, Pasuruan, Probolinggo. Untuk jalur Malang spot yang kita dapet sangat sedikit, untuk jalur Pasuruan trackingnya susah, untuk jalur Probolinggo memang jalur yang paling jauh dari ketiga jalur itu tapi ¾ kawasan gunung bisa di capai lewat jalur ini.
Surabaya –probolinggo memakan waktu sekitar  3 jam, kita nyampe di terminal Probolinggo sekitar jam5an, dan dari sana kita naik Bison warna biru (sejenis metro mini), tukang Bison mematok harga perorang 25ribu, akhirnya kita tawar dapet 20 rb perorang, kita berangkat agak lama yaitu sekitar jam 6an karena nunggu penumpang yang lain dan mayoritas penumpang lain itu adalah bule. Kata supirnya   “ jangan kasih tau bule kalau kalian dapet harga 20rb” dalem hati saya “ yaiyalah ngobrol aja kita sama bule kaga bisa, ngasih tau gimana???”.
Menuju Bromo
Kita berangkat sekitar jam 6 sore. Perjalanan dari terminal probolinggo menuju Bromo sekitar 1 stengah jam, dan pemandangan yang di lewati adalah, hutan, gunung, jurang, hotel, tempat penduduk dan hutan lagi. Setelah mau sampe sekitar setengah 8an, ada penduduk yang ikut dalam Bison tersbut nanya sama kita “ mau nyari penginapan dimana mba” saya jawab “ ntar bu di atas” sambil berdoa dalam hati semoga ini Bison sampe atas, sampe tempat yang emang deket banget sama Bromonya. Setelah jalan lagi ini Bison penduduk itu nanya lagi “ mba mau cari penginapan dimana?” saya jawab lagi” ntar bu agak atasan lagi” dia diam, dan setelah itu dia nanya lagi “ jadinya cari penginapan dimana ?” saya jawab lagi “ ntar bu di atas” ibu itu menjawab “ ini udah paling atas, udah mau turun” saya menanggapi “ oh. Hehe” . akhirnya kita turun di depan hotel yang diperuntukan buat bule, harganya 90ribu perkamar. Kita cuman bisa cengo ngeliatnya dan celingak-celinguk cari bantuan buat nyari penginapan, dalem hati “ pantesan si ibu tadi nanya-nanya aja ternyata tadi emang udah tempatnya penginapan” akhirnya kita nyari-nyari dan dapet satu rumah dengan 2 kamar 4 tempat tidur seharga 100ribu plus guide dengan 150rb karena kita besok subuh ngga akan pake jeep tapi ngedaki pananjakan dengan dianter guide. Kita di sini makan seadanya dengan beli nasi 3 bungkus yang harga tiap sebungkus nasinya 3000, dan telor ceplok, kita masak mie, dan makan seadanya.
Jam setengah 3 pagi kita siap-siap buat ngedaki Gunung Pananjakan supaya kita bisa liat sunrise dengan pemandangan bromo di depannnya, pengalaman pertama ngedaki pada saat malam hari rasanya dingin-dingin-dingin, ngga tertahankan, meskipun sudah memakai dua lapis pakaian dan jaket. Waktu itu saya udah lama ngga ngedaki, yaitu 2 tahun saya dan teman-teman saya tidak melakukan jalan-jalan seperti ini jadi aja kita semua cepet cape. Tapi sumpah mana gelap, dingin, takut semua kerasa, dan perjalanan terasa lama banget, kita jalan hanya bawa 2 senter, 1 botol minuman, tapi setalah lama kelamaan badan mulai menghangat dan ngga kerasa cape Karena udah mulai terbiasa dan berkeringat. Sekitar 1 jam perjalanan dengan jalan yang tracknya bertangga, berkerikil, jurang di depan dan di samping, hutan, akhirnya kita nyampe di Pananjakan II. Spot tempat liat sunrise yang lumayan tinggi. Kita di sini menjemput pagi tapi sayangnya sunrise yang kita liat itu ngga terlalu ada di depan mata tapi dipinggir tertututpi gunung kata Fahria “hanya percikan cahayanya saja kita dapet” karena kalau mau liat sunrise paling mantep di Pananjakan I tapi kita kan ngga kuat. Setelah itu biasa kita foto-foto.
Setelah menikmati indahnya Bromo dari atas Pananjakan kita akhirnya turun gunung berjalan mendekati Gunung Bromo dengan track yang lumayan jauh sekitar  1 jam melewati kebun-kebun pendududk, tebing yang harus dituruni dan padang rumput yang luas dan datar,  setelah 1 jam kita sampe di tempat jeep pada mangkal, disini banyak penjual makanan, kita di sini sarapan dengan sepiring berdua jadi dapet 3 piring dengan komposisi telur dll, dengan minum teh manis kita menghabiskan uang di sana      Rp 36.000 terkesan mahal tapi tak apa lah untuk menutupi laper.
Setelah itu kita menuju gunung Bromo tapi setelah setengah perjalanan Ega pengen naik kuda dan nyuruh kita semua naik kuda juga, akhirnya kita mau karena di bayarin hehe. . harga kuda setelah setengah jalan itu adalah Rp 20.000 per orang, tapi fahria waktu itu jalan bersama guide karena kuda waktu itu ada 5.  kita diantar pake kuda sampai tangga tempat naik ke gunung Bromo. Kita naikin gunung Bromo dengan agak cape karena tangganya itu panjang banget dan curam. Setelah sampe atas kita foto-foto, dan melihat kawah gunung Bromo yang mengeluarkan udara bau belerang. Tidak lama kita di atas akhirnya kita turun dari gunung bromo dan menuju pasir berbisik, di sini penipuan paling sadis Fahria berlangsung, hahaha. . ketika itu kita semua udah pada capee, Ega ngeluh terus pengen pake jeep, tapi fahria ngomong kalau pasir berbisik itu jaraknya deket, ternyata setelah kita sususri gila jauh banget dari daerah gunung Bromo itu, Ega udah ngomel-ngomel aja di belakang “ gila si Fahria nipu ini mah, cape banget liat jarak kita ama gunung udah jauh banget, dasar penipu, kenapa ngga naik jeep aja sih biar ngga cape!!” haha. . tapi keluhan itu dikeluarkan sambil jalan menuju pasir berbisik, setelah lama berjalan akhirnya kita nemu pemandangan padang pasir yang luas dan indah seperti di luar negeri. Kita di sana foto-foto, dan setelah itu pulang pake ojeg milik guide dan temannya seharga Rp 150.000 semuanya karena kita udah cape banget buat jalan kaki. 
Dengan motor ojeg itu kita menuju penginapan dan dari penginapan kita langsung di pesenin Bison menuju Air terjun Madakaripura, ongkosnya nyampe Rp 250.000 buat 6 orang  dan itu dianterin sampai Stasiun Probolinggo juga untuk kita menuju Malang, perjalanan dari Bromo menuju tampat Air terjun itu sekitar satu setengah jam, karena nganter dulu penumpang lain ke terminal dulu stelah itu nganterin kita ke Madakaripura.
Menuju Air Terjun Madakaripura
Jalan menuju Air terjun Madakaripura sepi dengan pemandangan hutan jati sana-sini, setelah sampai di gerbang kita dapat melihat patung gadjah mada lagi bertapa. Untuk menuju ke Air terjunnya kita butuh guide, waktu itu kita di antar 2 guide dengan bayaran Rp 30.000 perguide, itu juga dengan di tawar dulu tadinya tarif guide satu orangnya Rp 50.000 . setelah kita bertemu guide kita mulai menyusuri sungai, ternyata untuk menuju air terjun itu ngga semudah yang di bayangin, karena setelah kita lihat track jalannya ternyata ada banyak jalan ambruk, jadi harus melewati sungai nyebrang kanan kiri, setelah ½  jam perjalanan yang bertubi-tubi kita akhirnya nemu hulu sungai yang di atasnya terdapat tebing tingggi dan dari atas tebing itu ada aliran sungai yang ngalirnya secara menyebar jadi air jatuhnya ke bawah sebagai percikan air hujan, dan percikan air hujan itu yang menarik, tebing yang hijau dan percikan air hujan yang terus mengalir turun ke bawah menyentuh seluruh tubuh kita yang melawati di bawahnya, indah banget, setelah itu kita menuju air tejun satu lagi yang jalannya merayap dengan menaiki batu yang ada di sisi tebing kanan kita, harus jalan perlahan, dan setelah itu kita melihat air terjun yang air nya deras, panjangnya 17 meter. Kata guide di belakang air tejun itu ada Gua tempat patih Gadjah Mada bertapa, di sini lah titik mistisnya Gua itu jauh dari permukaaan tanah dan di belakang air terjun tapi Patih Gadjah Mada bisa mencapai gua itu. Oya satu lagi biasanya kita mencapai air terjun dari jalan samping sungai, tapi di sini beda ternyata jalan yang kita susuri adalah aliran sungai, makanya kalau lagi hujan tempat ini berbahaya banget buat di kunjungi soalnya air terjun akan berubah jadi air bah dan sungai akan meluap jadi kita akan terbawa air karena jalan satu-stunya adalah aliran sungai. Makanya katanya ngga jarang tempat ini ditutup gara-gara pernah memakan korban banyak karena longsor.tahun 2000an tempat ini pernah di tutup gara-gara itu. Tapi untung kita ke sana ketika ngga hujan. Jadi aman-aman saja. 
 
Setelah 30 menit menikmati pemandangan kitapun pulang, diantara kita ada yang mandi tapi saya dan nonon ngga mandi karena kita punya prinsip “ kalo ngga memungkinkan untuk mandi kita ngga akan mandi. Tidak mau memaksakan diri untuk mandi” padahal di sana ada toilet tapi agak ngga terurus gitU. Akhirnya setelah nunggu Fah, Rie, Hani mandi kita mulai berangkat menuju Probolinggo lagi, dengan di anter menuju Stasiun untuk menuju Malang. Ketika di Stasiun tenyata kereta menuju Malang tidak ada yang berangkat untuk jam 5 sore. Kita di tipu, kata supir Bison tadi katanya kereta ke Malang ada tiap jam, tapi nyatanya kereta ke Malang cuman ada 1 dan itu jam 10 pagi berangkatnya, akhirnya kita balik arah menuju terminal dengan menggunakan angkot. Di sinilah keenapa seorang Backpacker harus menghimpun informasi sepenuhnya tentang transportasi, supaya ngga salah jadwal yang menjadikkan kita bolak-balik di satu kota.
Menuju Malang
Perjalanan menuju Malang dari Probolinggo ditempuh dengan 3 jam perjalanan Probolinggo-Pasuruan- Malang, ongkos yang kita keluarkan Rp 12.000 perorang. Tiba di Terminal Malang  jam setengah 9 malam, kita langsung cari angkot buat jalan ke daerah Mbong Brantas tempat saudaranya Hani.  Ada sebuah kebiasaan aneh ketika di Malang yaitu ketika naik angkot, di Malang semakin malam angkot semakin mahal dan semakin lama ngetem cari penumpang, padahal waktu itu angkot udah berjejal penumpang tapi tetep aja ngetem. Setelah sekitar 15 menit akhirnya sampai di Mbong Brantas dan kita bayar angkot Rp 5000 perorang dengan di tambah ongkos barang Rp 10.000, sepertunya supir angkot itu tau kita bukan orang Malang makanya segala sesuatunya di uangkan, ngerasa setengah di tipu juga sih tapi ya gimana lagi kita sebagai orang yang melancong ngga tau banyak apa-apa dan beda bahasa hanya bisa patuh sama pribumi toh kita adalah tamu di kota. Setelah itu kita ke rumahnya saudaranya Hani dengan di jemput di tempat kita trurn dari angkot di bawah rel kereta dan berencana nginep di sana.
Sesampainya di rumah saudaranya Hani kita disuguhi makanan, dan kita makan besar secara normal, haha.  .maklum sudah seharian makan makanan yang seadanya di luar sana, jadi menemukan makanan yang di rumahan dengan ayam terkesan enak. Disini kita ikut menjemur pakaian, shalat dan lain-lain. Malamnya sekitar jam 10 malam kita keluar ke Roma (Rombengan Malam) yang jaraknya kira-kira 500 meter dari rumah saudaranya Hani karena waktu itu sepatu saya jebol dan udah ngga bisa di pake jadi kita ke Roma nyari sepatu buat saya dan ATM. Roma  atau Rombengan malam adalah pasar malam yang ada sepanjang trotoar baik kiri maupun kanan panjang banget, barang yang ada di sana ada barang bekas dan barang baru, tergantung keinginan kita beli barang apa, hampir semua barang ada tapi kebanyakan barangnya sepatu, baju, tas, hp bekas, dan lain-lain, ada juga loh yang jual barang antic. Di rombengan malam ini barang dapat di beli dengan harga murah, tapi harus jeli melihat barang bagus. Rombengan malam itu semacam kaki lima yang ada pada saat malam hari sampai dini hari di ruas jalan yang ada di Malang. Mungkin inilah budaya Malang yang terselubung saat malam hari saat kita ke sana, rasanya aneh di mata saya karena tidak terbiasa melihat hal seperti ini, Indonesia memang punya budaya yang beragam, saya sedikit tersenyum melihat semuanya. Sepatu saya dapet dengan berjalan agak jauh di rembongan malam karena susah nyari sepatu yang ukurannya kecil, tapi akhirnya saya dapet sepatu dengan harga Rp 25.000 hasil di tawar yang tadinya Rp 50.000 itu juga sepatu bekas, tapi ngga apa-apa lah yang penting saya punya sepatu untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu besok.
Sebelum tidur kita sempatkan packing barang-barang buat besok sambil tanya-tanya rute menuju pulau Sempu ke saudaranya Hani, dan dari hasil tanya jawabnya di simpulkan bahwa : pulau sempu rame ketika hari minggu, pulau sempu adalah pulau yang tak berpenduduk dan rawan untuk ngecamp di sana, untuk menuju pulau sempu harus menuju terminal Gadang, pasar Turen lalu Sendang biru setelah itu nyebrang ke Pulau Sempu jadi 2 kali transit.
Menuju Sendang Biru
Pagi-pagi kita bangun, sarapan dan mempersiapkan diri buat perjalanan ke pulau sempu, dari daerah Mbong brantas kita naik angkot ke Terminal Gadang dengan ongkos Rp 3000 perorang, di terminal Gadang kita di tanya-tanya dan di kerubuni banyak orang, dari sini seharusnya kita naik bis ke sendang biru, tapi ada supir angkot yang nawarin jasa buat nganterin kita langsung ke Sendang Biru, pertamanya nawarin harga Rp 300.000 buat ber6 tapi kita tawar hingga Rp 150.000.
Perjalanan menuju sendang biru cukup jauh sekitar 2 jam perjalanan, pemadangan yang ada adalah pemadangan bagus yaitu kota Malang dari ketinggian, kebun tebu, hutan jati dan rumah penduduk. Setelah 2 jam perjalanan yang berkolak-kelok menuju sendang biru akhirnya kita sampai, Sendang Biru adalah sebuah pelabuhan kecil yang susananya sangat klasik, laut yang biru,tenag, beserta kapal-kapal yang ada di bibir pantai, eksotis. Pantas saja di sebut Sendang Biru karena memang lautnya sangat biru dan jernih, di sendang biru tidak ada sampah, masih sangat alami semuanya. Sampai di Sendang Biru kita diantar ke Dinas perhutani stempat untuk izin terlebih dahulu untuk masuk Pulau sempu. Waktu itu yang meminta izin adalah Fahria, dia lama banget ada di kantor itu, dan keluar-keluar dia sudah sumringah dan ngasih taau kita bahwa kita boleh ngecamp di sana. Kita masuk ke kantor ini untuk ikut shalat, dan mempersiapkan barang-barang sebelum nyebrang pulau sempu, karena pulau sempu adalah pulau tanpa penduduk artinya tak ada sarana prasaran untuk orang seperti manusia. Di sini juga kita dapet guide, guidenya adalah petugas perhutani itu sendiri, dia akan mengantar kita sampai pada spot yang banyak dikunjungi yaitu segoro Anakan, guide di bayar Rp 200.000 karena ikut ngecamp sehari bareng kita. dari kantor ini juga kita tahu kalau Pulau Sempu adalah Pulau konservasi tempat Penelitian lingkungan, dan bukan tempat wisata, tapi karena kita tidak tahu dan terlanjur ke sini maka di perbolehkan memasuki Pulau Sempu dengan diantar guide. 
Sekitar jam 1 siang kita mulai menuju bibir pantai Sendang Biru untuk menaiki perahu yang akan mengantarkan kita menyebrang ke Pulau sempu, ongkos perahu tersebut Rp 100.000 pulang pergi. Laut Sendang Biru yang kita sebrangi masih sangat bersih sehingga karang laut, kuda laut, ikan dsb yang ada di bawah perahu masih bisa terlihat jjelas oleh kita, pemandangan paling klasik terlihat ketika melihat birunya laut Sendang Biru dengan kapal-kapal yang berwarna warni, di pinggir kapal yang saya tumpangi adalah Pulau sempu dan di depannya adalah lautan lepas. Indah sekali pemandangannya. Setelah 15 menit kita mendarat di teluk semut, dari teluk semut barulah kita berjalan menuju Pulau Sempu.
Menuju Pulau Sempu
Pulau sempu adalah pulau yang berada di selatan kota Malang, pulau ini adalah pulau konservasi, makanya di dalam pulau ini tidak terdapat penduduk, dan ngga jarang kita menemukan binatang seperti monyet. Ketika kita mendarat di Teluk Semut ada satu ekor monyet ngegelantung di pohon dari sana saya percaya kalau ini pulau masih sangat asri dan jarang di jamahi orang. Perjalanan dari Teluk Semut menuju Segoro Anakan adalah sekitar 2 km, dengan medan yang berlumpur dan terjal karena permukaan tanah tidak rata, dan banyak akar pohon atau pohon gede yang tumbang di tengah jalan. Sepanjang mata melihat semuanya adalah hutan. Informasi yang kita dapatkan dari Google dan web lainnya tidak pernah menyebutkan tracking ke Pulau Sempu semenantang ini. Benar-benar perjalanan yang susah dan menguras tenaga di tambah kita bawa ransel, tenda, air minum, jadi perjalanan terasa berat sekali. Kita smua hamper pernah merasakan jatoh hingga beberapa kali.
Setelah berjalan 2 jam akhirnya kita sampai di laut yang tenang, di kelilingi tebing hijau, dan berpasir putih. Inilah Segoro anakan, yang menarik dari tempat ini adalah air terlihat hijau karena pantulan tebing, airnya tenang, pasir putih, di antara sekeliling tebing ada sebuah batu yang bolong tengahnya yang menghubungkan antara laut segoro anakan dengan lautan lepas samudra Hindia, eksotis memang, selain itu tempat ini aman untuk ngecamp. Di sini kita ngecamp satu malam, dan pulau sempu malam itu seperti hanya milik kita. walaupun ada juga orang yang ngecamp selain kita. malam di pulau sempu dengan ditemani bulan yang menampakkan diri yang terlihat jelas bulat, dan bintang-bintang yang berhamburan. Kita tidur-tiduran di pasir dengan melihat langit dan mendengar suara deburan ombak di balik tebing. Hanya suara laut, angin, dan binatang malam yang kta dengar saat itu, rasanya sperti pindah ke jaman dulu yang tidak ada peradaban, listrik, polusi, dan kebisingan.  Mungkin bagi orang yang lagi stress tempat ini adalah tempat yang pas lho..hehe. . Karena di pulau Sempu ngga ada sarana dan prasaran bagi kebutuhan manusia saya, nonon, sama fahria sampai ngga buang air kecil sama sekali lho di pulau ini dari kita datang sampai kita pulang. Kita juga di sini makan dengan memasak nasi sendiri dengan di campur sarden, karena fahria membawa paraffin, dan satu panci kecil.
Jam 9 malam kita sudah ngantuk akhirnya kita masuk ke dalam tenda yang kita dirikan di pasir putih segoro anakan, tenda  itu cukup menampung 6 orang seperti kita untungnya. Jam 2 malam saya dibangunkan oleh guide yang waktu itu tidur di luar tenda karena ternyata keadaan di luar hujan, terpaksa saya bangun dan memasukkan tas yang kita taruh di luar tenda, dan sialnya yang bangun cuman saya doank dan guide, dengan sedikit agak sadar dan tak sadar saya memindahkan tas, pakaian mereka, dan barang-barang lain ke tenda dengan di bantu guide. Mereka tidur nyenyak, tak ada satupun yang bangun. Paginya saya marah-marah sama mereka, dan ternyata mereka bangun sedikit terus tidur lagi karena ngantuk, kata mereka “kan udah ada kamu vic yang bantuin guide”. Mereka nyegir. Hah!!! Tega ya!!huhu.
Di pulau sempu kita menyambut pagi dengan mendengar deburan ombak di balik tebing, dan suara burung yang ada di atas pulau yang terbang ke sana kemari, kita shalat subuh berjamaah di atas pasir segoro anakan dengan mencari arah kiblat sebelumnya dengan menggunakan kompas fahria. Pagi itu setelah packing barang-barang kita naik ke atas batu karang yang ada di sebelah barat pulau, untuk lihat lautan lepas, pemandangan dari sana indah banget, meskipun waktu itu kita ngga ngelihat sunrise karena  langit agak sedikit mendung sisa hujan waktu malam, tapi pemandangannnya tetep indah, tebing batu di sebelah kanan  dan deburan ombak yang di pecahkan karena bertabrakan dengan tebing itu. Melihat semuanya itu saya merasa begitu luasnya ciptaanMu ya Allah, dan dari sana pula saya berkata dalam hati “saya akan terus jalan, kemanapun angin berhembus, kemanapun jalan yang mengantarkan saya melangkah, saya akan terus jalan untuk menemukan hal lain yang belum saya temui, untuk belajar dari berbagai keadaan, untuk belajar dari anugerah Tuhan yang lain yang ada di dunia ini, yang kesemuanya itu begitu indah buat saya lihat, dengar dan rasakan”.
Pagi-pagi jam setengah 7 pagi, kita udah mulai pergi meninggalkan pulau Sempu karena takut ketinggalan kereta Panataran tujuan Malang-Kediri-Surabaya yang jadwalnya jam 10.25 dari Malang, karena kita akan naik kereta Kahuripan tujuan Kediri-Bandung di Stasiun Kediri jam 03.00. 2 jam perjalanan keluar pulau sempu dan sampai di teluk semut, kita di jemput lagi oleh perrahu yang mengantarkan kita kemaren. Jam setengah 9 kita sampai di Sendang Biru dengan di hadapkan mobil dengan tujuan Malang, tapi sebelumnya kita tanya-tanya dulu stasiun paling deket  dari sini stasiun mana, dan kata orang-orang stasiunnya adalah stasiun Pekanjen, Stasiun ini adalah Stasiun yang di lewati oleh kereta Panataran dari arah Malang, jadi kita ngga perlu ke Malang dulu, takut-takut ketinggalan kereta.
Menuju Kediri
Perjalanan dari  Sendang Biru ke Pekanjen memakan waktu 2 jam, bedanya kalau ketika kita ada di Turen kalau mau ke Malang lurus terus tapi kalau mau ke Pekanjen belok kiri, yang paling menegangkan dari perjalanan ini adalah ketika jam menunjukkan 10.15 dan mobil yang kita tumpangi di berhentikan tiba-tiba di tengah jalan karena ada siswa SD baru bubar, keadaan waktu itu kita gelisah dan dunia berasa slow motion, anak-anak SD itu nyebrang terasa lama banget, kita yang ada di mobil berdoa komat-kamit supaya cepet-cepet mobil ini jalan lagi karena kita di kejar jadwal kereta yang berangkat jam 10.25, akhirnya stelah beberapa menit yang menegangkan kita jalan lagi, setelah 10 menit perjalanan dari pemberhentian mobil dadakan tadi akhirnya kita sampai di Stasiun pekanjen, dan langsung beli tiket yang harganya Rp 5000 perorang, karena ternyata kereta Panataran belum lewat Stasiun ini, dan anehnya petugas yang megang tiket itu melayani kita dengan lelet, lelet sekali padahal kereta 2 menit lagi datang, langsung habis beli tiket kita ngibrit ke dalam stsiun dan 1 menit dari situ kereta Panataran Malang-Kediri datang, nyaris kita tertinggal untuk kedua kalinya.
Di kereta ini kita mejadi pusat perhatian, karena baju yang kita pakai pada kucel, apalagi nonon, bajunya kotor banget alasannya sih kita belum mandi sama sekali dari Pulau Sempu. Kita di tanya-tanya sama penumpang lain dengan pertanyaan “abis dari mana, koq kotor banget, mau kemana” dan segala macemnya. Perjalanan menuju Kediri ternyata memakan waktu 4 jam, jauh juga, tapi harga tiketnyaa murah. Di kereta ini kita menemukan pengamen yang bawa perkusi super gede, saking gedenya alat music mereka yang biasanya satu kereta satu lagu, ini jadi satu gerbong satu lagu karena mereka ngga bisa bergerak kemana-mana. Pengamen itu di kasih duit sama Ega sampai beberapa sampai beberapa ribu soalnya kata Ega kasian udah bawa alat music segede gaban, hahaha. . .
Jam setengah 3 sore kita sampai di Stasiun Kediri, turun kereta langsung kita beli tiket menuju Bandung, kereta menuju Bnadung adalah kereta Kahuripan, harga tiketnya Rp 35.000 perorang, setelah kita beli tiket kita langsung cari kamar mandi umum buat mandi, kita menemukan kamar mandi umum di belakang stsiun, ketika itu di sana ada 4 kamar mandi jadi kita gantian mandinya, kita mandi memakan waktu 30 menit. Ketika keluar dari kamar mandi umum itu kita sempet mau beli makan dulu, tapi diantara kita ada yang ngelarang soalnya lama waktunya, sampe beli minum aja ngga jadi, akhirnya kita langsung naik kereta, eh ngga taunya setelah beberapa detik kita naik, kereta jalan. Untung kita ngga jadi beli makan, kalau jadi beli makan, ngga tau deh nasib kita di stsiun Kediri jadi apa karena ketinggalan kereta. Nyaris ketinggalan kereta untuk ketiga kalinya.
Menuju Garut
Di kereta kahuripan ini kita kebagian tempat duduk di gerbong terakhir, karena tempat duduk sudah tertera di tiket kereta. Ega berjalan bulak balik di kereta, seperti dugaan kita dia mencari restorasi, dan ketika Ega datang dia agak murung karena ternyata dia tidak menemukan restorasi di kereta ini, ada sih retorasi tapi tempatnya sempit. Tapi ketika itu Ega malah menemukan gerbong yang kursinya masih bagus dan gerbong tersebut kosong, kita melobi petugas kereta supaya kita bisa pindah tempat duduk, setelah petugas kereta berunding akhirnya kita bisa pindah tempat duduk jadi di gerbong pertama, padahal sebenernya gerbong ini diperuntukan untuk penumpang yang naik di Stasiun Madiun. Di gerbong ini kita pesan makanan nasi goring beserta es the yang kesemuanya di bayarin oleh Ega. Hehe..Ega emang temen yang pengertian dan baik..hehe. .
Perjalanan kea rah barat sedikit delay karena di stasiun Madiun kereta berhenti lama, ketika itu saya melihat keluar ternyata ada roda kereta yang sedang diperbaiki, jadi kereta delay hampi lama banget, yang biasanya samapi di Jogjakarta jam 9 malam, kereta iniwaktu itu samapai di Jogjakarta jam 11 malam, Hani turun di Jogja lagi, dan kita meneruskan perjalanan. Di sepanjang perjalanan kita cerita-cerita, banyak hal yang tidak terduga dari cerita kita.
Stasiun pemberhentian terakhir adalah Stsiun Cipendeuy daerah Malangbong Garut, karena kita akan mengunjungi rumahnya Icunk dulu, kebetulan teman kita Icunk mamanya lagi sakit. Jam 6 pagi Icunk udah ngesms kita udah sampai mana, karena kereta delay. Yang seharusnya kita sampai Cipendey jam 6 ketika itu kita samapai jam 7 pagi. Turun dari kereta Icunk sama ayahnya sudah menunggu untuk menjemput kita, saya, fahria, Ega, rie turun di Cipendeuy, tapi nonon melanjutkan perjalanan sampai Stasiun hall Bandung karena dia masih harus kuliah besoknya.
Dirumah icunk kita makan, ngobrol-ngobrol sama mamanya Icunk, ngrujak, dan transfer foto dari kamera ke Cd. Setelah itu kita pulang sekitar jam 12 siang dengan memakai angkot jurusan Malangbong-Garut yang ongkosnya Rp 12.000 perorang, perjalanan malangbong –Garut adalah sekitar 2 jam. Setelah sampai di Garut kita turun di Kerkop lalu dari Kerkop naik andong menuju Rumah saya dengan ongkos Rp 10.000 perorang, sampai di rumah saya sekitar jam 2. Alhamdulilah akhirnya sampai dengan selamat di rumah saya, Ega di jemput buat pulang di rumah saya, Fahria dan Rie mandi, shalat, dan makan bakso dulu di rumah saya, sekitar jam 4 mereka pulang ke Jakarta.
Epilog
Akhirnya selesai sudah liburan saya kali ini, liburan yang membawa banyak cerita, pengalaman, dan petualangan yang menantang tapi menyegarkan hati dan otak. Liburan saya berakhir pada hari sabtu tanggal 24 juli 2010, perjalanan yang cukup panjang memakan waktu 5 hari dengan rute Garut-Surabaya-Probolinggo-Malang-Garut. Dengan budget tiap orang keluar sekitar Rp 450.000. Informasi yang kita dapatkan adalah dengan browsing dan bertanya-tanya sepanjang jalan. Kita menghasilkan 1800 foto dari 2 kamera SLR milik Ega dan Fahria. Kita sangat mempersiapkan semuanya sebelumnya dengan membawa peta, tenda, kompas, kompor paraffin, baju hangat, obat-obatan, alat shalat, makanan, uang dan segala halnya. 

Dan Alhamdulillah saya dan teman-teman saya pulang ke rumah dengan selamat. Berikut ini adalah peranan teman-teman saya dalam 6 hari backpacking dengan saya :
§  Saya : seorang pembaca peta, memperkirakan berapa jarak antar kota, penyumbang   hp  nya sebagai tempat browsing.
§  Fahria : seorang yang tahu hampir semua rute dan informasi dari satu ke kota lainnya, pembawa semua alat-alat yang dibutuhkan misalnya : kompor paraffin, kompas, dsb.seorang pemotivasi ketika kita kecapean di perjalanan, seorang penawar harga yang handal ketika harga yang ditawarkan berasa kemahalan, dan seorang yang punya semua ide gila untuk melakukan perjalanan dengan rute kota-kota ini.
§  Rie : pembawa tenda yang handal biasanya banyak bawa tenda bareng nonon, masih buta terhadap dunia backpacking Karena selama perjalanan ternyata dia pake sepatu pantofel tapi anehnya sepatunya awet sampai akhir perjalanan.
§  Nonon : pembawa tenda yang handla pula, seorang yang memperhatikan keperluan yang kecil sperti obat-obatan, tetes mata, koyo dll. Dia banyak sekali mengalami jatuh di pulau sempu.
§  Ega : donatur terbesar di perjalanan kita yang baik hati, punya seorang kakak yang baik hati pula di Surabaya, pembawa makanan yang banyak yang menjadikan kita tidak kelaparan, lelaki satu-satunya yang ada diantara kita yang bisa bikin tertawa dengan omongan dan tingkah lakunya yang lucu.
§  Hani : seseorang yang punya saudara di Malang kalau ngga ada Hani kita ngga tahu nasib kita di malang kaya apa.
Terimaksih ya Allah akhirnya saya bisa melihat Bromo, air terjun Madakaripura, dan pulau Sempu dengan benar-benar ada di depan mata yang 7 hari yang lalu hanya bisa saya lihat di halaman web di depan computer saya, semoga perjalan kali adalah titik awal saya menjadi seorang backpacker untuk perjalanan saya selanjutnya. Terimaksih juga teman-teman saya yang selama 6 hari jadi backpacker bareng saya. The best trip I’ve ever had. Semoga liburan semester depan kita bisa membuat cerita perjalanan seperti ini lagi. Kita jelajahi laut, pantai, daratan, pulau, gunung, air terjun, sungai, jalan, stasiun, kota, terminal, pelabuhan dan tempat-tempat indah yang lainnya. See you next holiday!!.





Komentar

Anonim mengatakan…
duh.. jd pengen lagi.. ega kangen kalian semua.. mmmmmuahhhh...
Unknown mengatakan…
pemandangan itu memang indah tapi kebersamaan qt selama menembuh keindahan pemandangan itu ternyata lebih indah vc..
wah ketagihan nih....
nabung..nabung..nabung....
ngga sabar mau melanjutkan trip selanjutnya euy....
Dieng...Karimunjawa...Green Canyon..Papandayan...
ngga ada yg ngga mungkin ternyata...!!!!
tentangvici.blogspot.com mengatakan…
siap fah. .
jelajahi semuanya..whahaha. .

Postingan populer dari blog ini

tentang dea..

Pada Suatu Hari

tentang nonon . .